Thursday, February 23, 2017

BELAJAR PEMROGRAMAN Part 1 ~ PENGERTIAN ALGORITMA | BAHASA PEMROGRAMAN TERPOPULER | PENGENALAN BAHASA C++

Selamat datang
ketemu lagi dengan saya Danang Juniar yang kali ini akan memberikan postingan dengan tema BELAJAR PEMROGRAMAN
~ PENGERTIAN ALGORITMA
~ BAHASA PEMROGRAMAN TERPOPULER
~ PENDAHULUAN C++
oke langsung saja pertama2 sebelum membuat program kta harus tau apa itu algoritma, apa bahasa yang digunakan, aplikasi apa yang digunakan, dan lainya.
Oke itulah yang akan dibahas kali ini, langsung saja disimak


menurut wikipedia :

Algoritma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Diagram alur dari sebuah algoritma (Algoritma Euclid) untuk menghitung faktor persekutuan terbesar (f.p.k.) dari dua angka a dan b dalam lokasi bernama A dan B. Algoritma dijalankan dengan pengurangan berturut-turut dalam dua pengulangan: JIKA pengujian B >= A menghasilkan "ya" (atau benar) (lebih akuratnya angka b dalam lokasi B lebih besar atau sama dengan angka a dalam lokasi A) MAKA, algoritma menentukan B ← B - A (artinya angka b - a menggantikan b sebelumnya). Hal yang sama, JIKA A > B, MAKA A ← A - B. Proses tersebut berhenti saat (isi dari) B adalah 0, menghasilkan f.p.k. dalam A. (Algoritma tersebut diambil dari Scott 2009:13; simbol dan gaya penggambaran dari Tausworthe 1977).
Dalam matematika dan ilmu komputeralgoritma adalah prosedur langkah-demi-langkahVCXVC untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitunganpemrosesan data, dan penalaran otomatis.Falak
Algoritma adalah metode efektif diekspresikan sebagai rangkaian terbatas [1] dari instruksi-instruksi yang telah didefinisikan dengan baik [2] untuk menghitung sebuah fungsi.[3] Dimulai dari sebuah kondisi awal dan input awal (mungkin kosong),[4] instruksi-instruksi tersebut menjelaskan sebuah komputasi yang, bila dieksekusi, diproses lewat sejumlah urutan kondisi terbatas [5] yang terdefinisi dengan baik, yang pada akhirnya menghasilkan "keluaran" [6] dan berhenti di kondisi akhir. Transisi dari satu kondisi ke kondisi selanjutnya tidak harus deterministik; beberapa algoritma, dikenal dengan algoritma pengacakan, menggunakan masukan acak.[7]
Walaupun algorism-nya al-Khawarizmi dirujuk sebagai aturan-aturan melakukan aritmetika menggunakan bilangan Hindu-Arab dan solusi sistematis dan persamaan kuadrat, sebagian formalisasi yang nantinya menjadi algoritma modern dimulai dengan usaha untuk memecahkan permasalahan keputusan (Entscheidungsproblem) yang diajukan oleh David Hilbert pada tahun 1928. Formalisasi selanjutnya dilihat sebagai usaha untuk menentukan "penghitungan efektif[8] atau "metode efektif"; [9] formalisasi tersebut mengikutkan Godel-Herbrand-Kleene fungsi rekursif-nya Kurt Godel - Jacques Herbrand - Stephen Cole Kleene pada tahun 1930, 1934, dan 1935, kalkulus lambda-nya Alonzo Church pada tahun 1936, "Formulasi 1"-nya Emil Post pada tahun 1936, dan Mesin Turing-nya Alan Turing pada tahun 1936-7 dan 1939. Dari definisi formal dari algoritma di atas, berkaitan dengan konsep intuituf, masih tetap ada masalah yang menantang. [10]
yang secara singkatnya adalah :
Urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Langkah-langkah tersebut harus dapat dikerjakan dan mempunyai efek tertentu.

Lalu setelah tau apa itu algoritma sekarang kita harus tau bahasa apa yang akan digunakan, berikut ada beberapa bahasa yang paling populer digunakan untuk pemrograman

1. JAVA
Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai platform, dari mulai PC sampai perangkat mobile. Bahasa pemrograman ini awalnya dikembangkan pada The Green Project pada tahun 1991 oleh Sun Microsystem yang kemudian dilepas pada Oracle. Nama Java sendiri dipilih karena salah seorang pendiri Java, James Gosling, sangat menyukai kopi murni yang langsung digiling dari mesin giling (kopi tubruk) dimana kopi jenis ini berasal dari pulau Jawa di Indonesia.
Java menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler bukan karena tanpa alasan, bahasa pemrograman ini memiliki beberapa kelebihan seperti misalnya bisa berjalan di sistem operasi yang berbeda-beda, kemudian bahasa pemrograman ini termasuk kedalam pemrograman OOP (pemrograman orientasi objek) sehingga programer lebih mudah dalam menyusun program menggunakan bahasa ini, selain itu bahasa ini juga memiliki library yang lengkap sehingga akan sangat memudahkan programer. Dan saat ini merupakan era dimana smartphone Android sangat banyak digunakan. Aplikasi dalam smartphone Android dibangun menggunakan bahasa Java, sehingga banyak juga programer-programer yang menggunakan bahasa ini karena memang sedang banyak dibutuhkan.

2. C

Bahasa C ini termasuk bahasa pemrograman tertua yang pernah ada. Bahasa pemrograman C ini dikembangkan dari sekitar tahun 70-an. Pembuat bahasa C adalah Dennis Ritchie. Bahasa C menjadi bahasa pemrograman yang populer di Indonesia karena hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT ataupun lembaga kursus pemrograman menggunakan bahasa ini untuk dipelajari pertama kali sebelum mempelajari bahasa pemrograman yang lain. Bukan tanpa sebab bahasa C ini menjadi dasar untuk mempelajari bahasa pemrograman yang lain, karena memang bahasa C ini merupakan "bapak" dari bahasa pemrograman lain seperi C#, Java, C++, dan lain sebagainya.

3. PHP

PHP (PHP Hypertext Pre-processor) merupakan bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan di Indonesia. Selain karena gratis, PHP banyak digunakan karena bahasa pemrograman ini merupakan server side scripting yang memang dirancang untuk membangun website dinamis. Selain itu banyak website-website ternama seperti Facebook, Wordpress, ataupun Digg yang menggunakan PHP dalam pengembangannya. PHP pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf.

4. Visual Basic

Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini menawarkan IDE visual dalam pembuatan software, dan bahasa pemrograman ini dikembangkan untuk membuat software-software berbasis sistem operasi Windows. VisualBasic sendiri adalah keturunan dari bahasa pemrograman BASIC.
Sebuah survey pada tahun 2005 menunjukan 62% developer software menggunakan Visual Basic dalam pengembangan software nya, sehingga hal tersebut menjadikan VisualBasic sebagai salah satu bahasa pemrograman yang populer. Di Indonesia sendiri terdapat grup Visual Basic Indonesia yang telah memiliki 22 ribu member lebih.

5. Python

Dalam tingkatan bahasa pemrograman, Python termasuk bahasa tingkat tinggi. Python menjadi salah satu bahasa pemrograman yang dapat membangun aplikasi, baik itu berbasis web ataupun berbasis mobile. Bahasa phyton ini termasuk kedalam bahasa pemorgraman yang cukup mudah bagi pemula, karena bahasa tersebut mudah untuk dibaca dengan syntax yang mudah untuk dipahami juga. Banyak perusahaan besar menggunanakn Phyton dalam pengembanganya seperti Instagram, Pinterest dan Rdio. Python juga digunakan oleh para pengembang Google, Yahoo!, dan juga NASA.
Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas tentang Python yang telah memiliki lebih dari 6000 anggota. Grup ini cukup aktif, grup ini bernama Python Indonesia.

6. C++

C++ merupakan bahasa pemrograman pengembangan dari bahasa C. C++ dan C memiliki sintaks penulisan yang hampir sama, meski begitu kedua bahasa pemrograman ini memiliki perbedaan pada penyelesaian masalahnya. Pada bahasa C penyelesaian masalah dilakukan dengan membagi-bagi kedalam sub-sub masalah yang lebih kecil lagi atau bisa disebut bahasa pemrograman prosedural, sedangakan C++ berorientasi pada objek dimana permasalahan dibagi-bagi kedalam class-class. C++ pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup.
C++ ini menjadi bahasa pemrograman yang populer karena banyak juga perusahaan-perusahaan software besar yang menggunakan bahasa ini untuk membangun software nya seperti Adobe, Firefox, ataupun Winamp yang sekarang pengembanganya di hentikan.

7. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograma yang dikembangkan oleh Netscape. Penggunaan JavaScript saat ini kebanyakan terdapat pada pengembangan web. Dengan JavaScript ini kita bisa membuat web yang interaktif dan menarik. Di Indonesia sendiri terdapat grup Facebook yang membahas tentang JavaScript ini dengan nama JavaScript Indonesia. Grup yang beranggotakan lebih dari 10 ribu orang ini masih aktif sampai sekarang.

8. C#

C# adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. C# ini menggabungkan prinsip dari C dan C++. C# ini banyak digunakan untuk mengembangkan software yang menggunakan platform Windows.

9. Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrograman yang berorientasi objek. Bahasa pemrograman ini digunakan untuk pengembangan aplikasi yang digunakan pada perangkat Apple, bahkan sistem operasi iOS pun dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Objective-C ini.

10. ActionScript

ActionScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat berdasarkan ECMAScript yang digunakan dalam pengembangan situs web dan perangkat lunak menggunakan platform Adobe Flash Player. ActionScript juga dipakai pada beberapa aplikasi basis data, seperti Alpha Five. Bahasa ini awalnya dikembangkan oleh Macromedia, tapi kini sudah dimiliki dan dilanjutkan perkembangannya oleh Adobe, yang membeli Macromedia pada tahun 2005.
Action Script terbaru saat ini adalah Action Script 3.0. Action Script 3.0 adalah bahasa terbaru dari edisi yang sebelumnya dikenal dengan Action Script 2.0. Action Script 3.0 memiliki beberapa kelebihan dibanding pendahulunya, antara lain fitur yang ditawarkan adalah file pada Action Script 3.0 dapat dibuat terpisah saat runtime. (wikipedia.org)
Di indonesia ActionScript ini menjadi populer karena banyaknya developer berbasis Flash yang tentu saja menggunakan ActionScript untuk keperluan koding. Di Facebook juga terdapat grup ACTIONSCRIPT Indonesia yang masih aktif hingga sekarang. Grup ini memiliki 1000 lebih anggota.
namun kali ini saya akan membahas 1 yaitu C++
PENGENALAN BAHASA C++

Bahasa C dan C++ digolongkan sebagai bahasa tingkat menengah, karena kedua  memiliki sintaks yang mirip dengan bahasa tingkat tinggi, namun proses eksekusinya secepat bahasa rakitan. Yang membedakan C dan C++ adalah library input-output-nya, dimana bahasa C hanya menggunakan stdio, sedangkan C++ menggunakan fungsi stdio dan iostream.

berikut langkah langkahnya
LANGKAH-LANGKAH MENULISKAN PROGRAM DALAM Dev C++

1.        Buka software Dev C++
2.        Tulis source code dengan memilih File à New à Source File atau dengan menekan tombol CTRL +N.
3.        Lakukan compile atau run atau jalankan kode/source code yang anda tuliskan dengan menekan menu Execute à Compile & Run atau dengan menekan tombol CTRL+F9.
4.        Ketika kita melakukan compiling, maka kita diharuskan untuk melakukan penyimpanan terlebih dahulu. Beri nama kode program anda, kemudian tekan tombol Save.

PENGENALAN C++
Setiap program C++ mempunyai bentuk umum seperti di bawah, yaitu:
//bentuk umum program dengan bahasa Dev C++
#include <iostream.h>
using namespace std;
main ()
{
          
}

Analisa dari kode program di atas adalah sebagai berikut:
1.        Komentar
//bentuk umum program dengan bahasa Dev C++
Merupakan komentar yang akan diabaikan oleh compiler  dan tidak akan dikompilasi ke dalam bahasa mesin. Fungsi dari komentar yaitu memudahkan programmer mengingat kegunaan dari suatu baris kode program atau blok kode program. Ada 2 cara dalam menuliskan komentar yaitu dengan menuliskan // dan diantara tanda /* dan */. Tanda // digunakan untuk memberi komentar dalam 1 baris saja sedangkan tanda /* dan */ digunakan untuk membuat komentar lebih dari satu baris, contoh :
// bentuk umum program dengan bahasa Dev C++
// Komentar lebih dari satu baris
Dapat dituliskan sebagai berikut:
/*Bentuk umum program dengan bahasa Dev C++
Komentar lebih dari satu baris*/
Tetapi setian programmer memiliki kesenangan sendiri-sendiri dalam menuliskan programnya.
2.        Include
#include <iostream.h>
Merupakan baris preprocessor yang digunakan untuk melampirkan file header iostream ketika program di compile. Baris tersebut mengistruksikan kepada compiler  yang menyisipkan file lain dalam hal ini file yang berakhiran .h (file header) yaitu file yang berisi sebagai deklarasi, contohnya:
-          #include <iostream.h> : diperlukan pada program yang 
    melibatkan objek cout
-          #include <conio.h>    : diperlukan jika melibatkan clrscr()
   yaitu     perintah untuk  
membersihkan layar.
-          #include<iomanip.h>   : diperlukan jika melibatkan setw() yang
    bermanfaat untuk mengatur lebar dari
    suatu tampilan data.
-          #include<math.h>      : diperlukan pada program yang
    menggunakan operasi sqrt() yang
    bermanfaat untuk mengoperasikan
     matematika kuadrat. 


3.        Library
using namesUpace std;
Baris ini memberitahukan compiler bahwa program yang sedang ditulis menggunakan standar C++ library. using namespace std; perlu ditulis ketika setiap membuat program, karena jika baris tersebut tidak dituliskan maka akan muncul sebuah pesan error.
4.        Fungsi main()
main ()
baris ini menunjukkan fungsi main() yang menunjukkan tidak ada argumen pada baris ini. Tanda () menunjukkan fungsi main mulai dan berakhir atau disebut blok kode. Isi fungsi ini dapat berupa deklarasi variabel, pernyataan assignment atau perintah-perintah. Jadi ketika fungsi ini dipanggil, maka isi yang ada di dalam tanda { dan } akan dieksekusi.
5.        Tanda semicolon
tanda semicolon “;” digunakan untuk mengakhiri sebuah pernyataan. Setiap pernyataan harus diakhiri dengan sebuah tanda semicolon.
6.        Tanda =
Digunakan untuk melakukan perhitungan, misalkan digunakan untuk mengimpementasikan rumus.
7.        Mengenal cin (dibaca : C in)
pernyataan cin merupakan sebuah objek di dalam C++ yang digunakan untuk mengarahkan data ke dalam standar input (masukan). Tanda “>>” merupakan operator penyisipan/peletakan. Contoh :
main ()
{
int x;
cout << “masukkan bilangan : “;
cin >> x;
}
8.        Mengenal cout (dibaca : c out)
pernyataan cout merupakan sebuah objek di dalam C++ yang digunakan untuk mengarahkan data ke dalam standar keluaran (cetak layar). Tanda “<<” merupakan operator penyisipan/peletakan.
9.        Mengenal variabel
Int x;
Variabel adalah suatu pengenal (identifier) yang digunakan untuk mewakili suatu nilai tertentu di dalam proses program. Berbeda dengan konstanta yang nilainya selalui tetap, nilai dari suati bariabel dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan. Dari contoh di atas x adalah variabel.
10.    Mengenal tipe data
Int x;
Int adalah tipe data untuk variabel x yang merupakan kepanjangan dari integer, berisi angka genap. Sedangkan tipe data yang berisi karakter adalah char.
Materi tentang variabel, konstanta dan tipe data akan dibahas lebih lanjut pada pertemuan berikutnya.

mungkin sekian dahulu yang bisa dibahas pada PART 1 tunggu lanjutanya dan terimakasih atas kunjunganya sampai jumpa


EmoticonEmoticon